Pelaksanaan strategi ditentukan beberapa program diantaranya peningkatan kompetensi lulusan program studi PG PAUD yang memiliki daya saing tingkat Indonesia timur, peningkatan kompetensi lulusan program studi PG PAUD yang memiliki nilai-nilai unggul Al Islam Kemuhammadiyahan. Untuk setiap program-program tersebut ditentukan tujuan serta sasaran dan jenis aktivitasnya. Dari kegiatan-kegiatan tersebut melibatkan seluruh sivitas akademika di lingkungan program studi PG PAUD, maupun universitas diantaranya: pimpinan universitas, fakultas, pimpinan prodi, dosen tetap prodi, himpunan kemahasiswaan, mahasiswa aktif, dosen tamu, tokoh masyarakat, tenaga ahli dari instansi terkait lainnya. Untuk setiap kegiatan mengacu pada rencana yang diprogram di program tahunan prodi dengan ditentukan penanggung jawab pelaksananya. Setiap tahunnya menetapkan masing-masing program, tujuan, sasaran dan tahun capaiannya dengan masing-masing indikatornya. Dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya dengan waktu yang berbeda perbulannya sesuai dengan waktu yang ditentukan di program tahuanan program studi. Setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi hasil kegiatan melalui jajak hasil dengan sebaran angket layanan setiap jenis layanan yang sesuai, wawancara, analisis capaian indikator. Dilakukan setiap akhir semester. Sedangkan upaya perbaikan dilakukan berdasarkan kebutuhan yang didasarkan hasil analisis hasil evaluasi yang sudah dilakukan dengan kebijakan pimpinan program studi