Capaian Pembelajaran Prodi |
Sikap (S) |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Mampu menunjukkan sikap religious |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan oleh orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Meginternalisasi nilai, moral, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap dan tanggung jawab atas pekerjaan keahliaannya secara mandiri |
Keterampilan Umum (KU) |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inivatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang PAUD serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik paud yang mandiri, bermutu dan terukur. |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berfikir kritis. |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan menguggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang PAUD berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya. |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise, evaluasi terhadap penyelasian pekerjaannya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankandan menemukan kembali data untuk menjaminkesahihan dan mencegah plagiasi |
Keterampilan Khsusus (KK) |
KK1 | Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nailai-nilai budaya bangsa. |
KK2 | Mampu mengonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini. |
KK3 | Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, music, drama, senirupa. |
KK4 | Mampu mengiplementasikan kurikulum dilembaga PAUD |
KK5 | Memiliki kemampuan untuk menentukan berbagai alternative pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat |
KK6 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD. |
KK7 | Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif |
KK8 | Mampu mengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif |
KK9 | Mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya. |
KK10 | Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi |
Pengetahuan (P) |
P1 | Menguasai landasan religious, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogic PAUD. |
P2 | Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini dan rekan sejawat. |
P3 | Meguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
P4 | Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan poteni perkembangan anak usia dini. |
P5 | Menguasai pembelajaran anak usia dini |
P6 | Menguasai kurikulum PAUD |
P7 | Menguasai asesmen perekembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran dilembaga PAUD |
P8 | Menguasai konsep pengembangan konsep profesionalisme |
P9 | Menguasai pengelolaan dalam menyelanggaraan PAUD |
P10 | Menguasai konsep dan prinsip komunikasi pada anak, orangtua |