Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD)

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Prodi
Sikap (S)
S1Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Mampu menunjukkan sikap religious
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan oleh orisinal orang lain
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8Meginternalisasi nilai, moral, dan etika akademik
S9Menunjukkan sikap dan tanggung jawab atas pekerjaan keahliaannya secara mandiri
Keterampilan Umum (KU)
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inivatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang PAUD serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
KU2Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik paud yang mandiri, bermutu dan terukur.
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berfikir kritis.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan menguggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang PAUD berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya.
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise, evaluasi terhadap penyelasian pekerjaannya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankandan menemukan kembali data untuk menjaminkesahihan dan mencegah plagiasi
Keterampilan Khsusus (KK)
KK1Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nailai-nilai budaya bangsa.
KK2Mampu mengonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini.
KK3Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, music, drama, senirupa.
KK4Mampu mengiplementasikan kurikulum dilembaga PAUD
KK5Memiliki kemampuan untuk menentukan berbagai alternative pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat
KK6Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD.
KK7Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
KK8Mampu mengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif
KK9Mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya.
KK10Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
Pengetahuan (P)
P1Menguasai landasan religious, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogic PAUD.
P2Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini dan rekan sejawat.
P3Meguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini
P4Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan poteni perkembangan anak usia dini.
P5Menguasai pembelajaran anak usia dini
P6Menguasai kurikulum PAUD
P7Menguasai asesmen perekembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran dilembaga PAUD
P8Menguasai konsep pengembangan konsep profesionalisme
P9Menguasai pengelolaan dalam menyelanggaraan PAUD
P10Menguasai konsep dan prinsip komunikasi pada anak, orangtua
Final visa

We reduce visa processing costs

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Specialized Visa Accessory
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
How to get the american visa
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
Visa application instructions
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
Embassy and Consulate
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
Dual citizenship

We guide you through the application for dual citizenship

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Nibh tellus molestie nunc non blandit massa enim nec. Volutpat lacus laoreet non curabitur gravida arcu ac tortor dignissim. Ultricies lacus sed turpis tincidunt id.

Consectetur adipiscing elit pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus. In massa tempor nec feugiat. Rutrum tellus pellentesque eu tincidunt tortor aliquam nulla.

More information

Contact us to better understand your case

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.